SADAR JAMSOSTEK!

Apakah Anda Mengetahui soal dana JAMSOSTEK anda? Tiap Bulan di pototng 2%? Klik Info cara KLAIM DANA JAMSOSTEK ANDA DISINI



Saturday, April 4, 2009

Assessment Karyawan

Rekan-rekan,

Saya diminta untuk melakukan assessment untuk beberapa karyawan internal
yang akan dipromosi atau menempati satu posisi di perusahaan kami.

Apakah ada yang punya info mengenai prosesnya. Apa yang harus disiapkan
? Dan alat ukurnya apa?

Mohon infonya.
----------------------------------
Pak YUDI sebagai masukan dari saya, ma'af kalau salah (saya baru gabung di HRM-Club 2 hari yg lalu) :

Perhatikan unsur2 sentral dlm perkiraan SDM :
1. Perkiraan : Hal2 yg diinginkan adalah Jumlah, Jenis dan kualitas SDM yg akan diperlukan. Meskipun tdk dpt tepat seperti yg diharapkan, perkiraan ini dpt digunakan sebagai pedoman yg layak bagi rencana2 dan tindakan2 Perusahaan.

2. Audit SDM : Setelah perkiraan, harus diperoleh informasi rinci ttg SDM yg sudah ada di dlm Perusahaan. Tujuannya utk membandingkan kekuatan dan kelemahan dar SDM yg ada dengan persyaratan2 SDM di masa yg akan datang.

3. Analisis, Deskripsi dan Spesifikasi Pekerjaan : Analisi pekerjaan (Job analysis) dilakukan agardiperoleh informasi yg sistematis, jelas dan tepat ttg seluruh pekerjaan di dlm Perusahaan. Informasi ttg pekerjaan tsb harus mencakup :
a. Identitas jabatan.
b. Keluaran (output) jabatan.
c. Masukan (input) jabatan.
d. Peralatan kerja.
e. Prosedur pelaksanaan kerja.
f. Hubungan jabatan
g. Kondisi kerja.
h. Syarat jabatan.
i. Hal2 lain yang dianggap perlu.

Sekian mudah2an bermanfaat, kalau kurang mohon ditambahkan oleh rekan2 yang lain.

Raflis. Ib.


1 comment:

arif said...

mas saya AR. mw bertanya. saya sudah kontak dengan salah satu pwrusahaan selama 1 thn. karena beberapa alasan saya 1 bln ingin resign. dikontrak kerja tertulis jika resign sebelum kontrak habis dikenakan penalty. apakah jika saya "kabur" (tidak mengabari resign ke atasan) saya akan di proses dipengadilan atau polisi.


terimakasih

Template by - Abdul Munir - 2008